Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya dengan Lengkap

penyebab penyakit diare dan penanggulangannya 

Diare adalah kondisi yang ditandai dengan encer nya tinja yang dikeluarkan dengan BAB yang lebih sering bila dibandingkan yang biasanya. Seringnya diare ini terjadi karena konsumsi makanan atau pun minuman yang terkontaminasi bakteri atau parasit. Diare ini biasanya berlangsung selama beberapa hari lamanya, namun ada kasus yang menyebabkan diare bisa berhari-hari lamanya. Lantas, apa yang menjadi Penyebab penyakit diare dan cara mengatasinya?

diare adalah salah satu masalah kesehatan yang paling besar di Indonesia. bahkan, berdasarkan riset yang dilakukan departemen kesehatan di tahun 2007 lalu, diare berada di peringkat 13 sebagai penyebab kematian semua umur dengan porsi sebesar 3,5%. Untuk kategori penyakit menular, penyakit ini berada di urutan ketiga. Diare dapat berdampak fatal bila penderita mengalami dehidrasi yang dikarenakan oleh kehilangan cairan di tubuh. Oleh karena itu diare tidak bisa dianggap enteng meskipun penyakit ini umum diare.

Yuk Kenali Penyebab Penyakit Diare Yang Sering Terjadi

Anda pasti penasaran bukan penyebab penyakit diare dan cara mengatasinya? Sebelumnya, diare disebabkan oleh infeksi usus. Infeksi ini bisa terjadi saat Anda mengkonsumsi minuman atau makanan yang kotor dan sudah terkontaminasi. Mikroorganisme yang menyebabkan infeksi usus ialah bakteri dan penyakit. Diare juga bisa dikarenakan oleh efek samping obat tertentu, gelisah dan pengonsumsian minuman beralkohol secara berlebihan.

Penyebab diare dan cara mengatasinya sebenarnya mudah. Sebelum diare parah dan menyebabkan dehidrasi, Anda harus meminum obat. Oralit dapat dikonsumsi agar bisa menghindari dehidrasi, namun konsultasikan terlebih dahulu penggunaannya dengan apoteker atau dokter. Obat diare biasanya tidak dibutuhkan, namun jika Anda memiliki aktivitas yang padat, Anda harus mengkonsumsi obat ini. Bisanya diare akan sembuh dalam waktu 5 hingga 7 hari. Bila Anda mengalami diare parah atau berkelanjutan, segera periksakan diri ke dokter. Namun, bagaimana cara menghindari diare ini? Diare dapat dihindari dengan cara menjaga kebersihan. Jaga kebersihan diri Anda dengan mencuci tangan secara teratur. Cuci tangan dengan menggunakan sabun antibakteri khusus. Salah satu sabun yang bisa Anda gunakan ialah Lifebuoy. Lifebuoy sangat ampuh untuk menghalau kuman penyebab diare.
http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1174675/waspada-inilah-bakteri-bakteri-penyebab-diare