Pentingnya Hari Cuci Tangan Sedunia

Hari Cuci Tangan Sedunia atau yang sering disebut sebagai Global Hand Washing Day merupakan salah satu program kesehatan yang direncanakan sebagai kampanye global yang bertujuan untuk membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kampanye global ini dicanangkan oleh PBB dengan bantuan organisasi lain baik pemerintah maupun swasta. Peringatan ini ditetapkan PBB setiap tanggal 15 Oktober dan dirayakan oleh seluruh dunia. Upaya ini bertujuan untuk menyelamatkan masyarakat terutama generasi penerusnya dan memberikan kesehatan yang berkesinambungan. Cuci tangan merupakan suatu hal yang mudah dilakukan dan cukup sederhana namun memiliki manfaat yang besar untuk kemudian hari. Manfaat dari mencuci tangan adalah dapat menurunkan angka kematian terutama pada balita dan dapat berguna untuk pencegahan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia untuk Mengingatkan Orang Tentang Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum Beraktifitas

ayo biasakan gerakan cuci tangan pakai sabun
Program global ini dilakukan untuk menggerakan jutaan orang di dunia agar melakukan cuci tangan setiap kali merasa ada kontak dengan bibit penyakit. Cuci tangan yang baik adalah menggunakan sabun. Dalam program Hari Cuci Tangan Sedunia juga mencanangkan cuci tangan menggunakan sabun. Hal ini berguna untuk membunuh kuman yang menempel di tangan sehingga mencuci tangan hanya dengan air bersih saja tidak cukup. Kegiatan mencuci tangan menggunakan sabun ini dilakukan pada sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, sepulang aktifitas di luar rumah, sebelum dan sesudah memasak, setelah memegang hewan peliharaan, dan setelah melakukan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan tangan menjadi kotor.
Perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia biasanya dilakukan oleh lembaga-lembaga kesehatan dan organisasi lain yang mendukung untuk berjalannya program ini. Biasanya sasaran dari program ini adalah untuk anak-anak sekolah. Sehingga perayaan ini banyak dilakukan di sekolah-sekolah seperti sekolah dasar. Hal ini dikarenakan anak-anak sekolah dasar masih aktif bermain apa saja seperti bermain kotor-kotoran, menyentuh apa saja dan setelahnya kadang langsung menyentuh makanan. Mereka belum mengetahui bahaya dari tangan kotor dan mereka juga tidak mengetahui bahwa sebenarnya tangannya telah mengandung kuman dari hasil aktifitasnya. Sehingga perlu mengajarinya sedini mungkin tentang mencuci tangan menggunakan sabun. Oleh karena itu, perayaan ini sangat penting untuk dilakukan agar perilaku hidup bersih dan sehat khususnya mencuci tangan dengan sabun bisa dilatih sedini mungkin pada generasi penerus.
Kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun pada setelah melakukan kegiatan yang dirasa banyak kuman, akan tumbuh dalam diri anak-anak selama hidupnya. Secara tidak langsung akan memunculkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun. Sabun yang cocok untuk mendukung berlangsungnya program Hari Cuci Tangan Sedunia adalah Lifebuoy. Sabun ini bisa digunakan sehari-hari karena bisa melindungi diri dari kuman penyebab penyakit. Penggunaan sabun ini juga bisa digunakan untuk mencuci tangan dilengkapi dengan aroma yang menyegarkan.
Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1175352/kemeriahan-hari-cuci-tangan-pakai-sabun-dengan-serentak-di-seluruh-dunia-lifebuoy