Pilihan Software Pembukuan Keuangan

Memiliki kegiatan ekonomi dan bisnis tidak terlepas dari pengelolaan keuangan yang terus berputar. Dengan mengelola keuangan secara rinci dan pendataan yang baik akan memudahkan pemilik usaha untuk memantau hasil usaha yang dijalankan, apakah berhasil menjadi laba atau malah menjadi rugi. Untuk itu pengelolaan, pencatatan, serta pembukuan keuangan menjadi sangatlah penting untuk dilakukan sehingga pemilik usaha dapat menindak lanjuti kegiatan usaha dengan rencana pengendalian dan pengembangan.

Pilihan Software Pembukuan Keuangan

Seiring dengan maraknya kegiatan bisnis dari skala bisnis besar besaran sampai usaha mikro kecil menengah (UMKM), diimbangi dengan software pembukuan untuk mengelola dan memantau arus keluar masuk uang di bidang usaha masing-masing. Mulai dari software akuntansi untuk UKM seperti aplikasi keuangan, aplikasi pajak, pajak ukm, akuntansi ukm yang dapat mempermudah kegiatan pencatatan pembukuan keuangan. Namun aplikasi ini juga sangat banyak jenis dan variasinya, sehingga menjadikan pilihan yang harus disesuaikan kebutuhan penggunanya.

Pilihan Software Pembukuan Keuangan yang terbaik antara lain

Saat ini aplikasi akuntansi dan aplikasi keuangan, mulai banyak dan bervariasi mulai dari yang gratis sampai berbayar dengan cukup mahal serta yang memiliki sistem pendataan offline sampai pendataan online yang fleksibel. Berikut beberapa pilihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda

1. Sleekr Accounting (gratis – berbayar)
Bagi orang awam yang baru memulai berbisnis dan tidak memiliki pengetahuan tentang akuntansi aplikasi ini menjadi pilihan yang tepat, karena anda tetap bisa membuat laporan keuangan sesuai standar. Dengan aplikasi ini anda dapat memodifikasi sendiri pencatatan keuangan dan dapat menanyakan kepada pihak Customer Success apabila tidak paham. Aplikasi berbayar ini dipatok dengan harga Rp 145.000 /bulan

2. Aplikasi Akuntansi UKM (gratis)
Aplikasi keuangan ini bisa di unduh melalui android anda melalu Google Playstore. Mengingat UKM merupakan tulang punggung untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, beberapa pengembangan teknologi menciptakan kemudahan untuk mengelola dan melakukan pembukuan akuntansi keuangan UKM tersebut bagi masyarakat Indonesia dengan adanya akuntansi ukm. tak sampai itu saja pemberdayaan seperti aplikasi pajak dan pajak ukm juga terus berkembang.

3. MAS (berbayar)
Menyediakan fitur pembukuan yang standar. Bentuk pencatatan dapat dimodifikasikan dan dikembangkan sesuai kebutuhan penggunanya. Fasilitas serta sistem layanan purna jual yang disediakan cukup mudah untuk dipahami. Aplikasi ini memiliki nilai jual mulai Rp 4 juta ditambah dengan training untuk pengoperasian bagi pengguna.

4. Jurnal ID (gratis – berbayar)
Merupakan software akuntansi berupa jurna yang bisa digunakan secara online yang bisa diakses di manapun dengan akses internet sehingga lebih mudah digunakan juga fleksibel untuk digunakan. Dengan aplikasi akuntansi ini sistem pencatatan akan lebih menghemat waktu untuk menyelesaikan laporan pembukuan baik untuk bisnis perusahaan besar maupun akuntansi ukm. Dengan Jurnal ID kita bisa membuat faktur, mencatat aktivitas pengeluaran serta pemasukan, pelacakan persediaan, laporan keuangan, serta memanajemen aset. aplikasi keuangan ini memberikan fasilitas percobaan selama 14hari secara gratis dan apabila berminat akan diberi biaya Rp 149.000/bulan.